Antusiasme Siswa Menghadapi USBN

Siapa bilang ujian itu bikin mumet, bete, boring? Di SMK Informatika Pesat beda loh, siswa/siswi dibuat nyaman dan enjoy dalam menghadapi USBN terutama praktik. Kapan lagi bisa unjuk gigi menampilkan persembahan terakhir masa putih abu? Tepatnya tanggal 4 s.d. 8 Maret dilaksanakan USBN. Namun sebelumnya di hari Sabtu 2/3/2019  telah dilaksanakan praktik renang di Hotel Duta Berlian. Hari selanjutnya berlangsung ujian Pesat Methode yang merupakan ciri khas Sekolah Pesat yang membedakannya dengan sekolah lain. Di dalamnya terdapat muatan kurikulum keagamaan seperti tahfiz, hapalan juz 30, BTQ, pembiasaan ibadah dalam bentuk 7 Sunah Rasul, dan pembentukan karakter akhlak mulia. Nah yang diujikan adalah membaca Al-Quran, hafalan juz 30, doa pilihan dan hadis yang dilaksanakan selama dua hari.  Ujian berikutnya yakni kewirausahaan yang diampu oleh Pak Panca. Dalam ujian tersebut siswa diminta untuk membuat sebuah produk yang akan dipresentasikan.

            Puncaknya Jumat 8/3/2019 merupakan pagelaran drama musikal persembahan masing-masing kelas. Drama ini kolaborasi antara empat mata pelajaran yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Arab, dan seni budaya. Riuh penonton semakin bergemuruh yang tak lain adalah siswa kelas X dan XI. Kelas RPL tampil dengan mengangkat tema kehidupan sehari-hari, sederhana namun mampu menghanyutkan penonton akan drama yang berjudul “Ambisi”. Dilanjut kelas MM 2 yang sangat unik dengan properti yang digunakan. Kelas TKJ yang disutradarai oleh Doni tampil totalitas dengan drama action yang berjudul “My Name is Dul”. Sebagai penutup kelas XII MM 1 tampil memukau dengan balutan kostum unik dan tari-tarian yang mampu menghipnotis penonton.

            “Puas rasanya bisa tampil maksimal, padahal kami hanya mempersiapkannya kurang dari satu bulan di balik kepadatan kami menghadapi persiapan ujian-ujian”, tutur Firdausa yang terlihat anggun dengan busana arabiannya.

Kebersamaan yang hangat menutup racara tersebut sekaligus rangkaian ujian USBN. Eva Hariani, S.Pd. selaku penanggung jawab USBN praktik berharap ujian praktik ini tidak hanya sekadar formalitas belaka, melainkan memiliki kebermanfaatn untuk siswa dan semoga pelaksanaan USBN berikutnya lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *