Bangga menjadi Mitra IPB dalam UTBK

Bangga rasanya SMK Informatika Pesat terpilih sebagai salah satu tempat penyelenggaraan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) tahun 2019. Kemendikbud melalui LTMPT menunjuk IPB sebagai penanggung jawab wilayah Jabodetabek. Kemudian IPB melakukan reqruitment ke berbagai sekolah di seluruh Jabodetabek hingga akhirnya SMK Informatika Pesat dinilai layak menjadi mitra IPB dalam penyelenggaraan UTBK. Dengan segala fasilitas yang memadai terutama dari segi perangkat komputer dan SDM yang kompeten di bidang TIK (Teknologi Ilmu Komputer) membuat sekolah ini terpilih menjadi mitra IPB mengalahkan sekitar 200 sekolah se-Jabodetabek.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 8 minggu yakni dari tanggal 13 April s.d. 26 Mei 2019 serentak di seluruh Indonesia. Pelaksanaannya setiap hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 08.00 s.d. 16.30 WIB. Teknisnya dibagi menjadi  menjadi dua sesi. Sesi I mulai pukul 08.00 s.d. 11.30 WIB sedangkan sesi II mulai pukul 12.10 s.d. 16.30 WIB. Adapun peserta UTBK merupakan siswa lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau sederajat yang berada dalam lingkungan Jabodetabek.

Sebuah prestasi SMK Informatika Pesat berhasil menjadi sekolah terbaik dalam penyelenggaraan UTBK. Hal ini diungkap oleh Bapak Dr. Julio sebagai pengawas utama UTBK wilayah Jabodetabek. Ketika melakukan pengawasan ke berbagai sekolah di Jabodetabek, Beliau menyatakan bahwa SMK Informatika Pesat adalah salah satu sekolah yang paling baik dalam menyelenggaraan UTBK terutama dari segi sistem manajemen komputer dan SDM yang tersedia. Dan yang mengejutkannya lagi Beliau menuturkan bahwa di tahun 2020 SMK Informatika Pesat ditawarkan untuk menjadi pusat penyelenggaraan  UTBK Nasional. Waahhh… sebuah prestasi yang fantastis bukan? Di tahun pertama mitra IPB dalam penyelenggaraan UTBK, SMK Informatika mendapatkan apresiatif di luar dugaan.

Sebagai koordinator utama dari sekolah, Bapak Dedi Kiswanto. S.Kom. mengungkapkan selama proses UTBK yang sudah berlangsung 2 minggu ini tidak menemukan kendala yang dapat menghambat pelaksanaan UTBK. Walau di beberapa sekolah sempat muncul masalah sistem jaringan komputer di hari pertama pelaksanaannya, namun di sekolah tetap dalam kondisi stabil karena sebelum pelaksanaan UTBK, panitia yang terlibat khususnya bagian server computer sudah melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Para pengawas UTBK yang notabene adalah guru-guru SMK Informatika Pesat pun dilatih untuk teknis pengawasan UTBK yang diselenggarakan di Fakultas MIPA IPB pada tanggal 6 April 2019. Tak hanya dilatih, diakhir kegiatan pelatihan pun para pengawas di tes untuk mengetahui kesiapan dalam pengawasan UTBK.

Kepanitiaan yang terorganisir dengan baik maka akan berdampak pada kinerja yang baik. Itulah yang berusaha panitia tanamkan untuk pelaksanaan UTBK lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *