Geladi Bersih, Bukan Sekadar Rutinitas

Proses tidak akan pernah menghianati hasil. Bagi banyak orang, pernyataan tersebut akan terdengar klise. Namun faktanya pernyataan tersebut benar adanya, dan telah dibuktikan oleh orang banyak, termasuk oleh kalian juga tentunya. Proses yang dibuat dengan apik dan sungguh-sungguh, akan memberikan hasil yang sesuai dengan harapan, bahkan terkadang hasilnya melebihi ekspektasi orang yang berproses.

            Bulan Maret ini banyak ujian yang harus dilaksanakan oleh seluru siswa di berbagai jenjang Pendidikan, termasuk SMK. Siswa SMK melaksanakan beberapa ujian, mulai dari USBN, PTS, UNBK, sampai dengan UKOM. Semua ujian-ujian tersebut tidak berlangsung begitu saja. Dibalik ujian yang berlangsung tanpa kendala. Otomatis ada proses yang luar biasa untuk mengendalikan bahkan menghilangkan semua kendala itu.

            Salah satu yang sangat penting dan sangat perlu dilakukan untuk menyukseskan kegiatan ujian adalah geladi bersih. Banyak orang masih menganggap bahwa geladi bersih hanyalah sebuah rutinitas sebelum acara berlangsung. Padahal tidak hanya seperti itu. Geladi Bersih secara harfiah adalah pelatihan umum yang terakhir kali sebelum pelaksanaan atau pementasan pada acara sesungguhnya. Sehingga seharusnya geladi bersih itu sangat perlu dilakasanakan dan harus dilaksanakann dengan sungguh-sungguh.

            Geladi Bersih juga dilakukan sebelum UNBK di SMK Informatika Pesat dan tentunya dilakukan dengan sungguh-sungguh dan bukan hanya rutinitas bahkan pelengkap saja. Beberapa prosedur dan tahapan layaknya UNBK sesungguhnya dilaksanakan dengan apik dalam kegiatan geladi bersih di SMK Informatika Pesat. Berikut ini beberapa langkah yang dilakukan saat geladi bersih UNBK di SMK Informatika Pesat.

  1. Siswa kelas XII RPL dan TKJ melakukan geladi bersih terlebih dahulu, setelah RPL dan TKJ selesai barulah kelas XII MM 1 dan MM 2.
  2. Siswa memasuki ruangan ujian
  3. Proktor mendaftarkan siswa yang melaksanakan ujian dan mengubah status tes ujiannya
  4. Siswa sudah bisa login
  5. Proktor menuliskan token yang hanya bisa diakses oleh peserta ujian
  6. Siswa mengetikan token yang tertera.
  7. Siswa sudah bisa mengerjakan soal dengan mengklik pada pilihan jawaban yang benar
  8. Apabila siswa keluar (logout) secara tiba-tiba atau tanpa disengaja maka proctor akan mereset ulang.
  9. Soal diselesaikan 5 menit sebelum waktu habis
  10. Siswa keluar (logout) dari sistem
  11. Proktor mengunggah data ujian ke server pusat.
  12. Ujian Selesai

Ternyata begitu banyaknya langkah-langkah yang harus dilakukan dalam kegiatan geladi bersih.

Bisa dibayangkan Jika UNBK tanpa geladi bersih, Apa jadinya coba????????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *