PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS), MENGASAH KEMAMPUAN BERDASARKAN PEMAHAMAN

Bagi kalian yang sekarang ini duduk di kelas X dan XI SMK pasti sudah tidak heran lagi ketika mendengar kata PTS atau yang lebih dahulu dikenal sebagai UTS sebetulnya sama saja, hanya penamaannya saja yang diubah sejak kurikulum 2013 mulai diberlakukan di Indonesia. Hal tersebut dipertegas dengan dikeluarkannya Permen No. 23/2016 tentang penilaian revisi kurikulum 2013. Intinya kegiatan penilaian pemahaman siswa terhadap materi dari setiap mata pelajaran yang dipelajari di tingkat SMK.

            SMK Informatika Pesat melaksanakan kegiatan penilian tengah semester (PTS)  dua pada bulan Maret. Penilaian tengah semester dilakukan dengan menggunakan sistem CBT (Computer Based Test) dan juga PBT (Paper Based Test). Untuk PTS semester genap ini SMK Informatika Pesat menggunakan PBT (Paper Based Test)  karena kebetulan kegiatan PTS ini bersamaan dengan kegiatan USBN untuk siswa kelas XII, yang diselenggarakan pada tanggal 11-15 Maret 2019.

            Bulan Maret ini banyak sekali ujian, ujian dan ujian berlangsung di satuan Pendidikan tingkat SMK. namun tidak perlu khawatir ujian itu digunakan untuk mengasah kemampuan kalian looh, kemampuan kalian selama 3 bulan diasah dalam kegiatan PTS kalau kalian memahami semua pelajaran yang telah kalian dapatkan pasti kalian bisa mengerjakan soal-soal yang keluar di PTS. Bapak/Ibu guru pun tidak mempersulit kalian dengan mengeluarkan soal-soal yang belum kalian pelajari. Jadi, PTS itu dilakasanakan untuk mengecek pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh Bapak/Ibu guru selama 3 bulan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah : 286 yang menyatakan bahwa

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai kesanggupannya.”


Sumber : http://enikuswati.gurusiana.id/article/daftar-perubahan-istilah-dalam-k-13-revisi-2017-1041540

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *