UNBK???? SIAPA TAKUT

Penyelenggaran UNBK tingkat SMK diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia Mulai tanggal 25 Maret  2019 sampai dengan 28 Maret 2019. Jumlah peserta tingkat SMK se-Indonesia yang mengikuti kegiatan UNBK sebanyak 13.305 (Kemdikbud, 2018). Meskipun demikian masih 88, 2 % SMK di Indonesia menyelenggrakan UNBK secara mandiri artinya UNBK berlangsung di sekolah masing-masing, 10,3 % masih menginduk pada sekolah lain, dan 1,5% masih menyelenggarakan UNKP (Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil).

Lalu, Mata pelajaran apa saja yang diujikan? Seperti biasa mata pelajaran Bahasa Indonesia yang pertama kali diujikan kemudian matematika, yang pada tahun ini ujiannya tidak hanya pilihan ganda saja tetapi ada uraian singkatnya. Kemudian, bahasa Inggris,lengkap dengan listeningnya dan terakhir adalah teori kejuruan. 

Beberapa sekolah di Kota Bogor mempersiapkan semaksimal mungkin kegiatan UNBK, mulai dari kepantiaan, ruang kelas, kepastian sistem,s sekolah,  bahkan listrik dan memastikan  pihak PLN agar tidak ada pemadaman listrik pada saat UNBK.

 DI SMK Informatika Pesat… Siswa mengikuti kegiatan UNBK dan terbagi menjadi dua sessi sesi pertama kelas XII RPL dan TKJ. UJian dimulai pukul 07.30 WIB dan berakhir pada pukul 09.30 WIB. Sesi kedua MM 1 dan MM 2. Dimulai pukul 10.30 WIB dan berakhir pada pukul 12.30 WIB. Alhamdulillah dari hari pertama kegiatan hingga hari terakhir kegiatan,  seluruh siswa SMK Informatika Pesat dapat mengikuti kegiatan UNBK dengan lancar tanpa hambatan,

Walaupun demikian, ternyata banyak juga looh siswa yang merasa deg-degan, khawatir bahkan takut ketika mendengar kata UNBK seperti yang dipaparkan oleh Fadilla Mahfuzah siswa kelas XII RPL yang merasa takut bahkan menurut siswa yang akrab disapa Dila.”dan yang aku takutin gimana kalo hasilnya mengecewakan  itu salah satunya.”

Namun setelah dijalani ternyata UNBK itu tak semenyeramkan mimpi buruk di siang hari. Semuanya berjalan sebaaimana mestinya. Tak perlu lagi merasa takut ketika mendengar kata UNBK karena hasil akhir tetap ada di tangan sekolah. Bagaimanapun usaha tidak akan pernah menghianati hasil. Jika usahamu dalam 3 tahun belajar di sekolah, sudah sangat maksimal pasti hasilnya pun sangat maksimal begitu pula sebaliknya jika usahamu dalam 3 tahun belajar di sekolah kurang bahkan cendurung buruk sudah pasti hasilnya pun akan buruk. NAmun yang tak kalah penting itu adalah doa. Khusyuknya doa yang dipanjatkan juga restu kedua orang tua akan membantumu dalam mendapatkan nilai terbaik.

So, gausalah takut lagi ketika mendengar kata UNBK, karena dengan usaha yang gigih, doa yang tak pantang menyerah dan ridha orang tua yang tulus pasti semua berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *