Wisata Religi, Membiasakan Diri, Manapaki Masjid dengan Hati

Departemen Kaderisasi Pemuda PP Dewan Masjid Indonesia (DMI) bekerjasama dengan Merial Institute Tahun 2018, hanya 33,6 % pemuda muslim Indonesia di tahun 2018 selalu datang beribadah di masjid setiap hari. Sementara sisanya 66,4 % tidak datang dan pergi ke masjid setiap harinya. Namun tidak demikian dengan siswa SMK Informatika Pesat. Selain masih banyak siswa yang tergolong para pejuang subuh dan salat berjamaah di masjid. Setiap tahunnya SMK Informatika Pesat selalu mengadakan kegiatan yang diberi nama wisata religi. Wisata religi ini adalah program yang dibuat oleh Yayasan Pesat Birrul Walidain untuk digarap oleh sekolah-sekolah di bawah naungan Yayasan, baik SMP dan SMA Pesat, Maupun SMK Informatika Pesat. SMK Informatika Pesat mengambil kesempatan itu dengan menjadikan wisata religi sebagai salah satu program rutin pada kurikulum pesat method yang dilaksanakan setiap tahun oleh siswa, baik kelas X, XI, dan XII.

            Tahun pelajaran 2018/2019, siswa SMK Informatika Pesat kelas X, XI, dan XII melaksanakan wisata religi ke masjid Az-Zikra, di daerah Sentul. Bagi masyarakat Bogor, pasti sudah tak asing lagi ketika mendengar kata Az-Zikra salah satu masjid di bawah naungan Ust. Arifin Ilham. Ust. Arifin Ilham memberikan metode dzikir yang sama dengan metode dzikir di SMK Informatika Pesat. Sehingga salah satu alasan dipilihnya masjid Az-Zikra sebagai tempat wisata religi adalah untuk memperlihatkan pada siswa bahwa kebiasaan zikir di sekolah pun ternyata  dilakukan oleh banyak orang terutama para jamaah yang sering hadir untuk berzikir dan mengikuti tablig akbar di Masjid Az-Zikra. Walaupun demikian SMK Informatika Pesat pun pernah menapaki masjid Andalusia looh dalam wisata religinya yaitu di tahun 2016. Jika di Az-Zikra siswa melihat langsung aplikasi dari kebiasaan berzikir di sekolah, di Andalusia siswa diperlihatkan langsung asmaul husna yang dilaksanakan setiap hari sekolah di SMK Informatika Pesat.

            07 Februari 2019, Pukul 05.00 giliran seluruh siswa kelas X SMK Informatika Pesat pergi menuju masjid Az-Zikra untuk wisata religi. Eitss… tapi tak hanya wisata religi saja sebelumnya siswa melaksanakan kegiatan tahjud di Sekolah terlebih dahulu. 90% siswa mengikuti kegiatan tahajud dan wisata religi. Siswa didampingi oleh wali kelas dan guru pendamping lainnya, pergi menuju Az-Zikra menggunakan angkutan umum. 10 angkutan umum mengangkut siswa kelas X yang akan menapaki masjid tentunya dengan hati.

Setibanya di Az-Zikra siswa dicek kehadiran terlebih dahulu. Setelah itu siswa diberi kesempatan untuk berwisata menjelajahi masjid Az-Zikra. Pukul 08.00 Zikir akbar dimulai seluruh siswa mengikuti rangkaian kegiatan zikir akbar yang alhamdulillah dipimpin langsung oleh Ust. Arifin Ilham. Zikir akbar selesai pukul 10.00 WIB, setelah itu seluruh siswa bergegas berjalan menuju angkutan umum. Seluruh siswa tiba kembali di sekolah pukul 11.00 WIB.

Banyak manfaat yang dirasakan oleh siswa selain menambah pengalaman, memberikan variasi pada kegiatan tahajud, membuka wawasan, belajar bersosialisasi dengan adab yang baik secara langsung, dan tentunya membiasakan melakukan hal positif dengan hati.

Walaupun demikian, ada beberapa siswa yang sudah pernah bahkan sering datang ke Az-zikra untuk mengikuti zikir akbar sehingga akan terkesan biasa saja. Namun tak perlu khawatir, akan ada kejutan di tahun depan untuk kegiatan wisata religi SMK Informatika Pesat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *